Putus Mata Rantai Penyakit Menular, Rutan Kota Agung Gelar Screening HIV dan Hepatitis WBP

Tanggamus, NL – Pelayanan kesehatan terhadap warga binaan pemasyarakatan terus menjadi prioritas bagi jajaran Rutan Kota Agung. Seperti hari ini, Selasa (17/05/2023) bekerjasama dengan 2 orang Tim Medis dari Puskesmas Kota Agung, Rutan Kota Agung mengadakan screening HIV dan Hepatitis bagi seluruh WBP Rutan.

Menurut Karutan Kota Agung, Benny M Saefulloh, kegiatan screening direncanakan berlangsung selama 2 hari pada tanggal 23 dan 25 Mei 2023. “Dari 289 penghuni sebanyak 93 orang menjalani screening hari ini, sisanya akan dilaksanakan Kamis, 25 Mei mendatang. Screening ini adalah salah satu layanan kesehatan yang sifatnya preventif atau mencegah. Tujuannya sebagai deteksi dini, untuk mengetahui lebih awal terjadinya infeksi HIV maupun Hepatitis. Sehingga lebih cepat penanganannya,” terang Benny.

Sementara itu, Kasubsi Pelayanan Tahanan Prameswari mengatakan bahwa penghuni rutan termasuk kelompok rentan terhadap penyebaran penyakit menular, sehingga langkah preventif seperti screening ini perlu dilakukan secara berkala. “Mobilitas penghuni masuk dan keluar yang tinggi menjadi pertimbangan, bahwa kegiatan screening akan dilakukan secara kontinyu di Rutan. Setiap ada tahan baru masuk, akan kita usulkan untuk di screening ke Puskesmas Kota Agung, agar mencegah penyebaran penyakit menular seperti HIV dan Hepatitis di lingkungan Rutan,” katanya

Ia menambahkan metode yang digunakan adalah rapid test menggunakan sample darah, kemudian diteteskan pada kit dan diteteskan cairan buffer. “Jika hasil rapid test ada yang positif, akan dilakukan pemeriksaan darah lengkap untuk mengetahui infeksi lebih lanjut, dan kita rekomendasikan terapi atau pengobatannya. Syukurnya, hasil pemeriksaan hari ini, seluruh WBP hasilnya negatif,” pungkasnya. (Hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *